Back To Top

Program Guru Pembelajar Tingkatkan Kompetensi

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menginisiasi Program Guru Pembelajar untuk meningkatkan kompetensi guru di Tanah Air. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, kegiatan itu juga sekaligus merupakan tindak lanjut dari hasil pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) beberapa waktu lalu. Sebanyak 1.263 guru dengan nilai UKG di atas 80 dipilih sebagai narasumber untuk menyampaikan materi peningkatan kompetensi guru.

Program Guru Pembelajar Tingkatkan Kompetensi

Menurut Anies, untuk menjadi seorang guru yang menginspirasi harus memiliki kesadaran untuk terus belajar sehingga pendidikan yang diajarkan tidak hanya mencerahkan, tetapi juga membuka wawasan serta merangsang pengembangan kemampuan siswa. Di samping itu, ia pun menilai penting perspektif pembelajaran karena sistemnya dilakukan secara terus menerus. Artinya, begitu seorang guru merasa selesai belajar maka itulah pertanda sebuah kemunduran.

Lebih lanjut, ungkap Anies, semangat pembelajar itu akan menjadikan seorang guru memiliki empat kompetensi abad ke-21. Antara lain, kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Meski begitu, tambahnya, tidak mungkin orang berpikir kritis tanpa pengetahuan yang cukup sehingga diperlukan literasi dasar seperti minat baca terhadap sains, ekonomi, budaya, teknologi informasi, tidak terkecuali perkembangan di dunia politik dalam dan luar negeri.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,