Back To Top

Download Panduan Pengisian Daftar Hadir GTK

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS
Semester kedua tahun pelajaran 2017-2018 telah berjalan, walau dapodik belum dirilis namun Kemdikbud telah merilis aplikasi daftar hadir guru dan tenaga kependidikan DHGTK. Sebenarnya aplikasi daring ini sudah diperkenalkan semenjak semester 1 yang lalu, namun masih banyak operator dapodik yang belum menggunakannya.


Adapun alamat yang bisa diakses untuk menggunakan dan mengisi absen online GTK ini bisa masuk ke alamat
http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
http://223.27.144.195:2017/index.php

Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau bulanan.

Untuk dapat mencatatkan kekadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem :
1. Login dengan userid kepala sekolah
2. Login dengan userid operator dapodik

Kedua userid tersebut terupdate datanya secara langsung dari data dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.)

Perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah  masing-masing. Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil syncron.

Dalam Aplikasi DHGTK terdapat tiga menu utama yaitu (1). Beranda; (2). Kehadiran; (3). Keluar Aplikasi.

Buku panduan penggunaan  Aplikasi Data Kehadiran Guru dan tenaga Kependidikan Versi ver.1.1 @2017-2018  ini disusun  untuk memberikan  deskripsi  terkait  informasi  umum  aplikasi dan panduan  teknis penggunaan  aplikasi  telah dijelaskan. 
Semoga  buku  panduan  ini  dapat  membantu  Kepla Sekolah, Operator/Petugas Absensi Sekolah dan GTK  baik  yang  masih  baru  dan  sudah  berpengalaman  untuk mensukseskan  pendataan di tahun pelajaran 2017/2018. 

Silakan klik Download pada file pdf di bawah untuk mengunduh panduan lengkapnya




Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,