Back To Top

Inilah Program Ditjen GTK Untuk Guru tahun 2018

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS
Saya sampai hari ini masih mengikuti Rakor Nasional Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendiknas 2018 yang di Gelar 22 - 24 Februari 2018. Rakor diikuti oleh seluruh dinas Provinsi, Kab/kota, LPMP, P4TK se Indonesia di Hotel Grand Carlion Hotel Makassar.

Inilah Program Ditjen GTK  Untuk Guru tahun 2018

Terdapat beberapa poin, terkait program Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga kependidikan tahun 2018, antara lain :

Pertama, program sertifikasi Guru. Sesuai ketentuan, bahwa semua guru harus tersertifikasi. Mulai 2018, istilah yang di Pakai adalah PPG, sebelumnya disebut PLPG. PPG bagi Guru sd 31 Desember 2015 dilaksanakan dg sistem PPG dalam Jabatan. Sementara Guru yang diangkat mulai per 1 Januari 2016 diformat dengan Diklat PPG Pra Jabatan. Maka disebut PPG pra Jabatan. PPG dalam jabatan 2018 telah ditetapkan pesertanya. Sedangkan PPGJ 2019-2022, rekrutmen pesertanya sudah bisa mulai mendaftar, dan akan di pre test secara serentak pada 27 Maret 2018. So, bagi Guru yg memenuhi kriteria, segeralah mendaftar.

Kedua, program Multi subject Teaching. Guru sesuai dengan kualifikasinya dan tidak memenuhi ketentuan 24 jam per Minggu, untuk memenuhi ketentuan dapat melalui program ini dengan ketentuan tertentu. So, tidak bisa serta merta asal mengajar dua mapel. Mesti lulus di program ini.

Ketiga, Program Guru Daerah Khusus (Gurdasus). Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru di daerah dengan kategori khusus spt pedalaman dan perbatasan, yg seringkali tak terpenuhi dengan rekrutmen dr SDM lokal, namun tetap harus memperhatikan ketentuan Guru. Program Guru daerah Khusus ini bertujuan untuk mengangkat Guru Daerah Khusus untuk menjadi ASN/PNS

Program ini adalah sinergi antara kemdikbud dan masing2 kepala daerah (Gubernur-Bupati/Walikota). Skema yang disiapkan adalah pengangkatan menjadi PNS bagi guru honorer di Daerah khusus dan telah memiliki sertifikat pendidik. Bagi guru yang belum memiliki serdik, akan dikuatkan sehingga bisa memenuhi serdik.

Keempat. Kurikulum 2013. Bahwa 2018 adalah tahun terakhir bahwa seluruh Indonesia sekolah harus menerapkannya. Sehingga setiap satuan pendidikan mesti bisa memastikannya.




Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,