Jadi Tim Sukses, Banyak Guru PNS Diangkat Sebagai Pejabat Struktural, Menpan RB Akan Lakukan Penertiban

- 11:00:00
Memuat...
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengatakan, jumlah guru PNS masih kurang. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya guru PNS yang diangkat menjadi pejabat struktural di pemerintahan daerah.



Bahkan, kata Asman, ada guru PNS yang menjabat sebagai kepala Dinas Perhubungan.
''Cuma saya pikir karena kelemahan kita selama ini adalah data. Banyak guru-guru kita sekarang bukan lagi profesi guru. Tapi sudah menjadi pejabat struktural bahkan ada yang menjadi kepala Dinas Perhubungan,'' kata Asman Abnur saat memberikan pengarahan dan pembekalan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Senin (26/3), seperti dikutip dari liputan6.com. Umumnya peralihan ini diakibatkan oleh keterlibatan PNS sebagai tim sulkses dalam pemilihan kepala daerah.

''Jadi kalau kita tanya kepala dinasnya, kamu kenapa kok bisa jadi kepala dinas perhubungan? Jawabnya karena jadi tim suksesnya bupati dan walikota. Maka diangkat jadi kepala dinas,'' jelas dia.
Asman menegaskan, ke depan hal-hal seperti ini harus ditertibkan. Sebab apabila tidak ditertibkan kebutuhan PNS akan terus kurang padahal pemerintah terus berupaya agar kebutuhan tercukupi.
''Hal seperti ini mau kita tertibkan Pak Menteri (Menteri Pendidikan Muhajir Effendy-red). Karena kalau setiap tahun diambil, tenaga guru akan berkurang terus,'' ujar dia. liputan6.com

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search