Back To Top

Kuota CPNS Pelamar Umum Capai 154 Ribu, MenPAN : Pendaftaran Mulai Akhir Juli

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS
Tahun ini, kuota CPNS dari jalur pelamar yang disiapkan pemerintah sebanyak 60 sampai 70 persen dari jumlah pensiun. Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (MenPAN-RB) Asman Abnur, tahun ini ada sekitar 220 ribu PNS yang pensiun. Namun, tidak akan diisi semuanya oleh CPNS baru.


“Kami pakai minus growth, artinya antara jumlah PNS pensiun dan CPNS baru tidak berbanding lurus. Kuota CPNS secara nasional yang kami siapkan tahun ini 60-70 persen,” ungkap Asman di kantornya, Jumat (23/3/2018). Dengan begitu, kuota CPNS 2018 berada di kisaran 132 ribu hingga 154 ribu orang. Dia mengungkapkan, seluruh usulan penambahan formasi CPNS kementerian lembaga, 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota sementara dibahas.

Namun, untuk kab/kota yang akan diberi formasi hanya 386 daerah karena belanja pegawainya di atas 50 persen. “Mei sudah saya tetapkan formasi CPNSnya. Nanti pendaftaran hingga tesnya dimulai akhir Juni hingga Juli,” terangnya. Asman menyebutkan, formasi yang diberikan tahun ini sesuai potensi daerah. Misalnya wilayah Sulawesi kaya akan perikanan, maka formasinya berkaitan dengan potensi daerahnya.

Asman menambahkan, pihaknya tetap menyiapkan formasi khusus dalam pengadaan CPNS 2018. Formasi khusus ini diperuntukkan bagi guru dan tenaga kesehatan. Untuk tenaga kesehatan disiapkan 4.400 dokter dan bidan pegawai tidak tetap (PTT) usia 35 tahun plus. Sedangkan guru akan diambil dari tenaga honorer. Namun, jumlahnya masih didata.

Rekrutmen CPNS 2018, tahun ini 70 persen pelamar umum. Itu di luar formasi khusus guru dan tenaga kesehatan,” ujarnya. Penegasan sama diungkapkan Deputi SDM Aparatur Negara KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja. Untuk tenaga kesehatan (bidan PTT dan dokter) dikhususkan yang di atas 35 tahun. Sedangkan guru diambil dari honorer sesuai data yang diajukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Jumlah gurunya masih belum. Kan masih dilakukan pendataan. Untuk guru diambil yang usianya di bawah 35 tahun karena payung hukumnya belum ada untuk usia di atas 35 tahun,” beber Setiawan. Plt Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad mengungkapkan, kekurangan guru saat ini mencapai hampir 800 ribu orang. Kemendikbud sudah mengusulkan tambahan formasi guru CPNS 100 ribu orang. Namun, berapa yang disetujui KemenPAN-RB belum diketahui berapa. “Harapan kami usulan tersebut bisa dipenuhi. Ada guru honorer juga, cuma yang memenuhi syarat saja. Misalnya usia maksimal 35, sudah lulus Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), dan lain-lain,” paparnya. (kendaripost.co.id)


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,